Tuesday, October 24, 2017

Perbedaan surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae (CV)

Surat lamaran kerja dan curriculum vitae memang dibawa bersama ketika melamar kerja, namun kedua nya mempunyai perbedaan. 

Perbedaan surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae (CV)


Lalu Apa Perbedaan Antara Surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae (CV)?



1. Surat lamaran kerja
Sebuah surat lamaran kerja atau resume adalah dokumen yang paling umum yang harus disediakan pemohon dalam lamaran kerja. Surat lamar kerja biasanya hanya memberikan pernyataan pengantar terhadap keinginan melamar dalam suatu perusahaan yang berisi profil pribadi seperti yang tidak terlalu detail seperti hanya nama, kontak, alamat dan sebagainya. Dan beberapa pernyataan syarat yang ikut dilampirkan seperti CV, foto, dll. Untuk contoh surat lamaran kerja dan file download anda bisa membacanya disini: 3 contoh membuat surat lamaran kerja.
 
2. Curriculum Vitae (CV)?
Sama seperti surat lamaran kerja, hanya saja curriculum vitae (CV) atau riwayat hidup memberikan ringkasan pribadi, pengalaman dan keterampilan seseorang namun lebih detail. Biasanya, CV lebih panjang dari pada surat lamaran kerja - setidaknya 1 atau dua halaman. 
Untuk membuat CV yang menarik, kamu bisa membacanya disini: Cara membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik HRD dan untuk contoh membuat CV dan file downloadnya anda bisa membacanya disini: 3 Contoh format membuat CV lamaran kerja.

- Tips menulis lamaran kerja dan CV -


Jika kamu sedang menulis lamaran kerja dan CV, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

1. Cocokkan resume atau CV Anda ke posisi yang kamu lamar. Ini yang paling penting saat menulis resume, tapi juga berlaku untuk CV. Pastikan keterampilan, pelatihan yang kamu buat di dalam CV berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2. Gunakan template yang profesional. Ingin membuat HRD tertarik dengan surat lamaran kamu maka gunakanlah template atau format lamaran yang baik. Surat lamaran dan CV yang dibuat hanya cepat selesai akan membuat HRD tidak tertarik untuk membaca kualifikasi kamu.

3. Edit, edit, edit.  Selalu pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tatabahasa ketika kamu membuat surat lamaran kerja dan CV. Pastikan kamu menggunakan format yang seragam - misalnya, jika Anda menggunakan angka untuk deskripsi tertentu, maka gunakan angka tersebut di semua deskripsi pekerjaan Anda.

Itulah perbedaan antara surat lamaran kerja dan CV, semua punya kegunaan masing-masing namun tampilan dan isi yang bebeda.
Surat lamaran kerja dan CV yang baik bisa mengantar kamu untuk lolos ketahap selanjutnya, entah itu psikotes atau interview kerja.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner