Monday, October 23, 2017

Cara membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik HRD

CV atau curriculum vitae adalah daftar riwayat hidup yang anda lampirkan ketika melamar kerja. CV yang baik dan menarik akan membuat kamu menjadi kandidat yang dilirik oleh HRD.
Cara membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik HRD


Saat kamu melamar sebuah pekerjaan diperusahaan tertentu entah itu nasional ataupun internasional, sudah dipastikan perusahaan akan meminta untuk melampirkan surat lamaran kerja beserta CV atau riwayat hidup para pelamar. Tentu bagi mereka yang telah terbiasa dengan dunia kerja pasti tidak heran lagi dengan hal ini. Tapi bagaimana bagi mereka yang fresh graduate atau lulusan SMA yang baru tahu tentang CV ini? apakah mereka mengerti bagaimana cara membuat CV yang benar dan menarik agar diterima oleh HRD?

Dilansir thebalance.com banyak orang hanya menganggap riwayat hidup atau CV ini hanyalah pelengkap saat melamar kerja. Padahal CV merupakan hal penting yang bakal membuat kamu lulus dalam seleksi rekrut pekerja.
Yang jadi masalah kadang kita tidak tahu apa yang harus ditonjolkan agar CV dapat menarik minat HRD untuk membaca CV yang kita berikan.



Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membuat CV yang baik dan benar agar menarik bagi HRD?

Silahkan lihat tips menulis CV di bawah ini.

Tips Menulis Curriculum Vitae (CV) yang benar

Tips Menulis Curriculum Vitae (CV) yang benar


1. Jangan hanya menggunakan satu CV untuk lamaran yang berbeda
Jangan hanya menulis satu CV dan menggunakannya untuk setiap lamaran kerja yang kamu ajukan. Buatlah banyak versi disetiap posisi yang berbeda dan buatlah lebih tertarget terhadap kualifikasi yang di inginkan perusahaan terhadap pelamar.

2. Buatlah tetap pendek
Pendek disini maksudnya adalah jika memungkinkan, usahakan agar CV kamu tidak terlalu panjang cukup 1 atau paling banyak adalah 2 halaman. Buat saja secara singkat padat dan jelas tidak perlu terlalu rinci dalam menggambarkan kehidupan kamu. Gunakan bahasa formal yang ditulis dengan baik dan jelas (tanpa kata slang atau singkatan). Bila perlu kamu bisa menggunakan penomoran dengan bullet didalam MS. Word.

3. Jangan berbohong
Jangan pernah melebih-lebihkan CV kamu, hanya karena ingin terlihat menarik di depan HRD. Karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi diri kamu sendiri, konsekuensi yang bakal kamu terima sangat besar. Jadi jangan pernah berbohong.
Sebab sangat memungkinkan bagi HRD untuk melakukan pemeriksaan mengenai latar belakang para pelamar maupun karyawan ketika diterima bekerja.

4. Periksa Format CV
Lihatlah format CV kamu, dan sekali lagi, mintalah keluarga, teman atau siapa pun untuk memastikan apakah format CV kamu telah sesuai? Apakah CV kamu berantakan? Apakah format CV kamu konsisten (tebal, miring, jarak, dll.) sehingga terlihat profesional?

Dan ......

Ini yang harus disertakan untuk membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik oleh HRD.

Riwayat hidup atau CV tidak lebih dari 1 atau 2 lembar yang harus di jelaskan secara singkat, lengkap dan jelas mengenai informasi diri; ketimbang surat lamaran kerja itu sendiri.



Dan berikut ini adalah informasi apa saja yang harus kamu sertakan dalam membuat CV. 
(Poin-poin yang kamu masukan di dalam CV ini bergantung pada posisi pekerjaana/posisi apa yang sedang dilamar, jadi pastikan untuk memasukkan informasi yang paling relevan dengan posisi yang dilamar).
1. Informasi pribadi dan informasi kontak. 
Umumnya CV dimulai dengan informasi seperti nama, kontak dan data pribadi namun pastikan jangan terlalu berlebihan dengan memasukan nama suami, anak-anak dan sebagainya.

2. Pendidikan dan kualifikasi. 
Saat memasukan informasi pendidikan masukan nama sekolah atau universitas. Dan jika kamu memiliki gelar, pastikan kamu untuk membuatnya di namamu.

3. Pengalaman kerja / riwayat pekerjaan. 
Jika mempunyai riwayat karir yang banyak silahkan kamu sertakan dan pastikan dimulai dengan yang terbaru. Prestasi dan tanggung jawab dicantumkan untuk setiap peran posisi jabatan. 

4. Keterampilan. 
Sertakan keterampilan komputer, kemampuan bahasa asing, dan lainnya jika ada. 

Dan tambahkan hal-hal dibawah ini untuk membuat CV kamu agar lebih menarik minat HRD untuk merekrut kamu, Dan ingat hal ini harus disesuaikan dengan posisi yang sedang kamu lamar.

1. Beasiswa. 
Jika kamu pernah mendapatkan beasiswa silahkan kamu sertakan di dalam CV kamu.
2. Latihan. 
Pelatihan atau kursus sangat membantu membuat pelamar untuk menjadi kandidat yang di cari HRD, jika kamu pernah mengikuti kursus atau pelatihan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, silahkan untuk kamu masukan kedalam CV yang kamu buat.
3. Belajar/pergi keluar negeri.
Punya pengalaman belajar keluar negeri atau bepergian keluar negeri? Tidak ada salahnya kamu cantumkan di dalam CV kamu.
4. Pengalaman mengajar.
Untuk lowongan kerja di posisi tertentu pengalaman mengajar sangat diperhatikan. Pengalaman mengajar ini bisa kamu ambil ketika mengikuti PSG, KKN atau magang)
5. Penghargaan
Penghargaan bisa menjadi nilai tambah untuk kamu, karena setiap perusahaan pasti ingin mencari kandidat yang terbaik.
6. Keanggotaan/organisasi.
Jika kamu pernah menjadi angota organisasi tertentu seperti Karang taruna, Osis atau organisasi kampus, alangkah baiknya kamu masukan kedalam CV. Karena memiliki pengalam organisasi menjadi nilai tambah oleh perusahaan.
7. Hobi dan minat 
Jika posisi kerja yang kamu lamar banyak bekerja di luar lapangan silahkan cari hobi yang berada di luar ruangan. Contoh seperti posisi marketing, hobi yang baik untuk dipilih seperti  jika kamu suka olahraga maka hobi main bola kaki atau basket cocok untuk kamu karena berada diluar ruangan dan permainan ini bekerja secara tim, jadi akan sangat cocok dengan posisi marketing, begitu pula sebaliknya.

Lalu apa yang tidak boleh dimasukan di dalam CV?

  1. Kamu tidak perlu menyertakan foto di dalam CV (kebanyakan perusahaan hanya meminta untuk melampirkan foto), 
  2. Riwayat gaji Anda diperusahaan sebelumnya, 
  3. Alasan Anda meninggalkan posisi sebelumnya, 
Sampai disini artikel mengenai cara membuat CV yang baik dan menarik agar dilirik HRD. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang lagi membuat CV yang berkualitas.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner