Monday, September 4, 2017

Pelajaran keempat: Seputar pengalaman kerja

Pelajaran keempat: Seputar pengalaman kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya di sebuah perusahaan atau instansi. Biasanya pihak HRD/pewawancara akan menanyakan beberapa pertanyaan seputar pengalaman kamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

1. Apa benar anda pernah bekerja di perusahaan/instansi ini? bisa ceritakan di posisi dan jobdesk apa anda bekerja?  

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melihat apakah kamu mendapatkan banyak ilmu ketika melakukan pekerjaan tersebut, dan melihat apakah ada kecocokan pengalaman mu dengan posisi yang kamu lamar di perusahaan tersebut.

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini:

Selama saya bekerja di perusahaan sebelumnya sebagai administrasi, saya bertugas untuk memeriksa kondisi alat-alat kantor untuk kebutuhan logistik dan operasional, tugas saya juga memelihara dokumen, surat menyurat, input data dan rekap data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Atau…

Posisi saya di perusahaan terakhir sebelumnya sebagai customer service, saya bertugas melayani dan membantu setiap nasabah yang ingin mengajukan pertanyaan atau pun complain mengenai produk perusahaan. Dan memberikan informasi – informasi yang nasabah butuhkan.

Hindari: Dalam menjawab pertanyaan ini jangan menjawab terlalu panjang. Sampaikanlah dengan ringkas poin-poin penting sesuai dengan fakta yang ada.

2. Mengapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya? 

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk menemukan penyebab kamu keluar dari perusahaan sebelumnya. Entah itu masalah atau alasan lain yang membuat kamu keluar.

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini:

Ditempat saya bekerja sebelumnya telah banyak memberikan saya ilmu dan pengalaman, akan tetapi saya merasa ingin lebih berkembang lagi dan mencari pengalaman baru untuk meningkatkan kemampuan saya.

Atau…

Saya ingin mencari tantangan baru, saya menyadari bahwa saya bisa lebih berkembang lagi jika saya bergabung dengan perusahaan ini. Dan saya yakin perusahaan ini akan dapat membuat saya lebih berkembang lagi untuk diri dan karir saya.

Hindari: Menjawab pertanyaan ini hindari menjawab dengan kalimat negative seperti kamu memiliki masalah dengan atasan, rekan kerja atau suasana kerja.

3. Bagaimana hubungan anda dengan atasan anda?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melihat apakah kamu memiliki masalah dengan atasan di perusahaan sebelumnya. Untuk menjawab pertanyaan ini berilah jawaban yang positif secara singkat walaupun di perusahaan sebelumnya.

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini:

Selama saya bekerja di perusahaan sebelumnya, saya tidak pernah mendapatkan teguran atau sanksi dari atasan saya. Atasan di perusahaan sebelumnya selalu memperhatikan dan memberikan pengarahan kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.

Hindari: Dalam menjawab pertanyaan ini jangan bersikap pesimis terhadap perusahaan sebelumnya.

4. Bagaimana hubungan anda dengan rekan kerja di perusahaan sebelumnya? Apakah pernah terjadi masalah?

Tujuan pertanyaan ini hampir sama dengan tujuan no. 3. Hanya untuk melihat apakah kamu mempunyai permasalahan dengan rekan kerja atau team di perusahaan sebelumnya.

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini:

Saya tidak ada masalah dengan rekan kerja di perusahaan sebelumnya pak/ibu.

Atau … 

Hubungan saya dengan rekan kerja di perusahaan sebelumnya baik-baik saja. Jika pun ada hanya sebatas permasalahan kecil yang sering terjadi dalam perusahaan mengenai pekerjaan pak/buk.

Hindari: Jangan memberi jawaban pesimis terhadap rekan kerja. Ini untuk mengindari penilaian apakah kamu memang bisa bekerja bersama team atau tidak.

5. Apa anda pernah menghadapi masalah ketika bekerja di perusahaan sebelumnya?

Tujuan permasalah ini untuk melihat apakah kamu orang yang bisa menghadapi masalah ketika bekerja dan untuk melihat apakah kamu orang yang mampu menyimpan rahasia perusahaan.

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini?

Tidak ada Pak/Ibu

Atau anda bisa menjawab seperti ini:

Dalam pekerjaan pasti selalu ada masalah, tapi biasanya permasalah yang muncul hanya permasalahan kecil sebatas pekerjaan dan saya mampu untuk mengatasi permasalah tersebut.

Hindari: Sebaiknya anda jangan menjawab dengan hal negatif tentang perusahaan.

6. Sepertinya anda resign sebelum mendapatkan pekerjaan baru? Bisa ceritakan?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mencari tahu apakah kamu keluar terburu-buru karena ada permasalahan di tempat kerja sebelumnya. 

Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini adalah:

Saya memilih keluar sebelum mendapat pekerjaan baru agar saya lebih leluasa dalam mencari pekerjaan. Dan saya memiliki waktu untuk mengikuti tes jika mendapat panggilan dari perusahaan, dan jadi lebih siap jika sewaktu-waktu perusahaan yang saya lamar membutuhkan dan menerima saya bekerja.

Atau anda bisa menjawab:

Dengan resign terlebih dahulu, saya merasa nyaman dan lebih fokus mencari pekerjaan baru tanpa melanggar aturan perusahaan.

Hindari: Jangan menjawab karena anda bosan dengan tempat kerja sebelumnya atau hal negatif lainnya.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner