Monday, September 4, 2017

Pelajaran kedua: Pertanyaan Seputar Informasi Kehidupan Pribadi dan Latar belakang pendidikan

Pelajaran kedua: Pertanyaan Seputar Informasi Kehidupan Pribadi dan Latar belakang pendidikan


Jika kamu tadi sudah mempelajari pertanyaan pembuka ketika review kerja, kini 
saatnya kamu mempelajari pertanyaan yang biasanya pihak HRD berikan saat interview kerja.

Mulai dari…

1. Coba ceritakan tentang diri Anda?

Untuk menjawabnya pertanyaan ini, kamu harus bisa memberikan jawaban yang tidak terlalu pendek maupun terlalu panjang. Kira-kira 1 atau 2 menit sudah cukup. Karena tujuan dari pertanyaan ini adalah ingin mengetahui seberapa mampu kamu mempresentasikan diri kamu sendiri. Jadi berilah jawaban seputar keahlian atau kesesuain kualifikasi kamu untuk pekerjaan yang kamu lamar. 

Jawaban yang baik jika kamu seorang fresh graduate adalah:

Nama saya Ariansyah Putra, saya seorang sarjana lulusan S1 Ekonomi Manajemen Universitas Bersama. Saya seorang fresh graduate yang memiliki sikap disiplin yang tinggi, jujur dan mampu belajar hal-hal baru dengan cepat. Selama kuliah saya sering mengikuti organisasi kampus, yang banyak mengajarkan saya tentang kerja sama.

Jawaban yang baik jika kamu seorang yang memiliki pengalaman:

Nama saya Ariansyah Putra, saya lulusan SMK jurusan Teknik Listrik/ lulusan sarjana teknik elektro di SMK/Universitas Bersama. Saya mempunyai pengalaman kerja/magang selama 1 tahun di PT. PLN Indonesia di posisi . . . . . , Saya memiliki motivasi kerja yang tinggi, pekerja keras, bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dalam tim.

Hindari: jangan memberikan jawaban tentang latar belakang keluarga, seperti anak keberapa atau alamat dimana. Karena pertanyaan seperti ini bisa di kategorikan sebagai pertanyaan jebakan. 

Dan bagi fresh graduate jangan menyisipkan jawaban ingin menambah pengalaman atau mencari tantangan, karena akan mengurangi bobot jawaban kamu.

2. Anda saat ini tinggal dengan siapa? Apakah masih ada orang tua? Apa pekerjaan orang tua anda?

Untuk jawaban ini kamu bisa menjawab dengan fakta yang ada. 

Jawab dengan jujur sesuai kondisi kehidupan kamu saat ini. Karena tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mencari tahu “apa sih motivasi kerja kamu?” apakah motivasi muncul dari kehidupan kamu sendiri atau ada motivasi kerja dari keluarga. 

Dan biasanya juga pertanyaan ini untuk mencari tahu apakah ada sanak-saudara mu yang bekerja di perusahaan tempat kamu lamar.

3. Anda sudah pernah bekerja? Atau Anda sudah menganggur berapa lama? Apa aktivitas anda selama menganggur?

Pertanyaan ini biasanya sangat berhasil menurunkan kepercayaan diri pelamar, terutama bagi fresh graduate. Karena tidak semua orang ketika selesai kuliah langsung mendapatkan pekerjaan kadang ada orang yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapat pekerjaan.

Untuk menjawab pertanyaan ini sama seperti diatas, jawablah dengan fakta yang ada. Jika belum pernah bekerja jawablah “belum pernah bekerja secara tetap di perusahaan seperti tempat kamu lamar sekarang”. Dan jangan lupa juga untuk menyisipkan kegiatan positif kamu selama menganggur.

Jawaban yang baik jika kamu belum bekerja tetap dan menganggur selama kurang lebih satu tahun.

Kurang lebih 1 tahun ini saya belum pernah bekerja secara tetap di sebuah perusahaan pak/buk. Tapi selama itu saya mengisi kegiatan dengan bekerja paruh waktu di tempat atau freelancer di situs inilancerdotcom.

Jawaban yang baik jika kamu selama ini bekerja membantu orang tua berwirausaha.

Saya menganggur kurang lebih 6 bulan ini pak/ibu. Tapi saya isi kegiatan dengan ikut membantu usaha kedua orang tua saya. Saya masih mencari/melamar kerja karena ingin mendapatkan pekerjaan tetap. Dan saya ingin bekerja pada bidang yang sesuai minat dan kualifikasi saya.

Jika kamu tidak punya aktifitas sama sekali selama menganggur.

Saya menganggur kurang lebih 6 bulan ini pak/buk. Tapi saya terus melamar kerja di perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, sambil tetap mempersiapkan diri dengan belajar hal-hal baru yang mungkin dapat memenuhi kualifikasi pekerjaan yang saya lamar. Seperti mengasah kemampuan bahasa inggris yang pasif di situs online.

Hindari: Jangan menjawab kalau kamu selama ini hanya mencari-cari kerja tanpa kegiatan positif. Karena tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur lama kamu menganggur dan melihat apakah kamu orang aktif atau kurang aktif selama masa menganggur tersebut.

4. Anda lulusan jurusan ini ya? Kenapa mengambil jurusan ini, kenapa enggak yang lain?

Pertanyaan ini untuk melihat kebenaran CV kamu, dan untuk melihat bagaimana kamu mengambil keputusan yang besar. Salah satunya seperti mengambil keputusan memilih jurusan mu. Apakah kamu yakin atau kamu telah keliru membuat keputusan dan merasa telah salah jurusan.

Jawaban yang baik untuk menjawab pertanyaan ini adalah:

Benar pak/ibu saya lulusan jurusan ekonomi manajemen universitas Bersama. Saya mengambil jurusan ini karena bagi saya ilmu ekonomi itu salah satu ilmu yang sangat penting yang ddapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga saya sangat menyukai jurusan ini.
Untuk pertanyaan selanjutnya silahkan lanjut kepelajaran ketiga.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner