Monday, August 21, 2017

Ternyata 3 hal ini yang di intip HRD dari media sosial kamu loh

Tau kan kalo zaman sekarang media sosial udah banyak banget. Mulai dari Facebook, twitter, Instagram, dll.  Jadi tidakl heran jika semua orang sudah memiliki akun media sosial. Bahkan memiliki lebih dari satu media sosial.
Udah pasti kamu termasuk kan ^^V

Tapi dalam dunia kerja, siapa sangka ternyata media sosial juga di gunakan juga oleh HRD untuk mengintip dan menilai kualitas calon kandidat mereka.
Enggak percaya??   

Lalu apa yang dilihat oleh HRD di media sosial calon karyawan mereka ?

1. Cara berinteraksi



Bagaimana cara kamu berinteraksi dengan media sosial inilah yang lebih dulu dilihat dan dinilai oleh HRD. Apakah kamu termasuk orang yang aktif atau tidak, sering atau jarang menggunakan media sosial untuk update status atau mengunggah foto. 
Dan bagaimana cara kamu menganggap media sosial tersebut, apakah kamu tipe orang yang menggunakan media sosial untuk menyalurkan emosi dengan status-status senang, sedih, galau atau digunakan untuk berbagai informasi yang berguna.

2. Kepribadian Anda



Sebenarnya orang lainpun akan mudah mengetahui kepribadian seseorang lewat media sosial mereka. Karena lewat media sosial, entah itu update status, tweet atau foto yang mereka upload akan mudah menunjukan kepribadian mereka sendiri. Inilah yang sering HRD intai di media sosial. Bisa saja di dunia nyata orang tersebut pendiam, tetapi sangat aktif di media sosial yang mengarah menjadi narsis.

3. Moral dan tata karma



Yang ini emang penting buat dicari tahu, dan pastinya gaya bahasa dan fotolah tempat yang akan di intai HRD di akun media sosial para calon karyawannya. Seperti kata orang “Karakter seseorang bisa dilihat dari cara berpakaian atau cara mereka berbicara”.  Jika HRD sedang mengintai dan sering menemukan kata-kata kasar , umpatan bahkan hinaan di status kandidat mereka, sudah jelas merupakan nilai negatif bagi kandidat tersebut. Apalagi ditemukan foto-foto yang terbuka. 

Nah 3 hal yang diatas itulah yang biasanya di intai oleh HRD di akun media sosial.

Memang media sosial bukanlah satu-satunya cara HRD untuk menilai kualitas kandidat seorang pelamar. Tapi tidak ada salahnya jika kamu lebih bijak menggelolah akun media sosial kamu jika kamu sedang melamar kerja. Bersih-bersih sesuatu yang buruk di media sosial jauh lebih baik sebelum kamu di intai dan mendapat penilaian negatif dari HRD. 
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
NEXT ARTICLE Next Post
This Is The Oldest Page
 

Delivered by FeedBurner