Tuesday, August 22, 2017

Mau wawancara kerja? Lakukan 5 hal ini agar kamu siap menghadapi interview kerja.

Interview kerja adalah salah satu kegiatan penyeleksian tenaga kerja/karyawan pada suatu institusi atau perusahaan. Biasanya wawancara kerja dilakukan ketika mendekati akhir proses perekrutan tenaga kerja
Kamu sekarang lagi menunggu proses interview kerja ya? 
Selamat ya, karena kamu sudah mendekati salah satu proses akhir seleksi penerimaan.

Eits, tapi jangan seneng dulu loh… 

Karena di proses ini biasanya banyak orang yang gagal. Bukan, bukan karena mereka tidak mampu melakukan interview, tapi mungkin karena mereka tidak melakukan persiapan sebelumnya.

Dari segala hal, persiapan adalah rahasia dari kesuksesan” Henry Ford (Pendiri Ford Motor)

Nah agar kamu dapat melakukannya dalam wawancara, lakuin hal ini sebelum hari wawancara datang.

1. Buatlah sebuah tulisan daftar pertanyaan wawancara.



Ini penting, 
Karena umumnya semua pertanyaan wawancara itu kebanyakan hampir sama, mungkin hanya penyampaian kalimatnya yang berbeda. Dengan kamu membuat seputar daftar pertanyaan wawacara dalam sebuah kertas anggaplah contekan, kamu dapat membuat jawaban sendiri yang berbeda dengan kandidat lain serta menghafal dan mempelajari sebelum melakukan tes wawancara kerja sebenarnya. 
Banyak orang enggan melakukan ini. 
Padahal dengan membuat contekan itu sangat berguna apalagi dibuat jauh-jauh hari. Secara langsung akan memperkuat ingatanmu tentang pertanyaan yang akan ditanyakan. Ketimbang sekedar browsing dan membaca di smartphone.

yang penting contekannya tidak di pakai di depan HRD ^^.

2. Latihan dan Latihan



Setelah membuat daftar pertanyaan dan jawabannya, Sekarang waktunya buat kamu untuk latihan.
Tujuannya sih agar kamu lebih ingat dengan jawabannya dan lebih alami ketika menyampaikan kepada pewawancara. 
Ini berguna untuk menghindari kesan, bahwa jawaban kamu sudah diatur sebelumnya.
Dan latihan ini penting untuk kamu meminimalisir rasa gugup atau grogi ketika menjalani wawancara sebenarnya apalagi untuk yang pertama kali melakukan wawancara kerja. 
Inilah mengapa latihan itu penting.

Ingat…

Rasa gugup atau grogi biasanya dapat mengakibatkan seseorang lupa atau gagal fokus terhadap sesuatu hal yang sudah di ingat sebelumnya.

3. Lakukan sedikit riset tentang perusahaan



Cari info tentang perusahaan tempat kamu lamar itu wajib. Apalagi kalau kamu mau wawancara kerja.
Karena umumnya ketika pewawancara bertanya…

“Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?” 

Banyak yang hanya menjawab seputar tentang tahun berdirinya perusahaan, visi dan misi, serta produk perusahaan saja. Padahal jika kamu hanya menjawab demikian, pewawancara akan langsung menilai kamu orang yang malas, karena itu adalah jawaban umum.
Inilah pentingnya melakukan riset sederhana tentang perusahaan sebelum wawancara.
Agar lebih mengenal dan paham tempat yang dilamar. 

Riset enggak terlalu susah kog,

Kamu bisa cari melalui Google, media sosial, orang-orang yang bekerja atau bisa juga konsumen jika perusahaan menjual jasa atau produk.

Riset sederhana nya seperti ini:

Google= Untuk mencari tentang pendirian perusahaan, visi misi, prestasi, cabang dan jumlah karyawan (Kalau ada), Kabar terbaru di portal berita tentang perusahaan (yang positif nya aja).
Media sosial= Jika ada laman grup cari tentang event dan berita kegiatan perusahaan, atau bisa juga untuk melihat komentar orang tentang perusahaan atau produk perusahaan di mata konsumen.
Orang yang bekerja = Cari tahu tentang budaya kerja, gaji, dll.
Gimana, jadi banyak referensikan tentang perusahaan yang kamu lamar. Kamu jadi bisa mengembangkan sendiri jawaban kamu nanti.

4. Persiapkan penampilan



Ketika kamu melamar pekerjaan, secara tidak langsung kadang penampilan kamu jadi bahan perhatian pewawancara kerja. 
Entah itu dari cara berbusana, kerapian dan kebersihan.
Jadi pastikan kamu bisa menjaga penampilan.
Untuk wanita,  pastikan memilih busana dan riasan yang tepat serta aksesoris yang tepat juga untuk suasana dan kondisi ketika melamar kerja. Hindari segala bentuk yang berlebihan.
Untuk pria, hindari rambut panjang ataupun acak-acakan. Rapikanlah rambut sebaik mungkin, serta gunakanlah aksesoris yang sesuai.

5. Berdo’a

Segala sesuatu memang kita yang merencanakan, tapi tuhan yang menentukan.
Jika kamu telah mempersiapkan diri dan berusaha, langkah selanjutnya adalah berdoa, bermunajat kepada Yang Maha Kuasa agar memperlancarkan segala urusan nanti.
Karena dialah yang menentukan segalanya. Dan yang terpenting selalu bersikap baik terhadap keputusan tuhan. Karena kalau pun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, yakinlah kalau tuhan telah menyiapkan sesuatu yang baik kepada kita. Tinggal kita yang menentukannya.

So, itulah 5 persiapan yang harus kamu lakuin sebelum melakukan wawancara kerja, semoga tips ini bisa membantu kamu yang lagi mempersiapkan diri ya.
Semangat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner